Ketua Ormas Ini Dianggap Melecehkan Budaya

habib-rizieq

Ketua Ormas Ini Dianggap Melecehkan Budaya

Mustanir.com – Berbagai organisasi Sunda yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sunda Menggugat, geram terhadap Habib Rizieq. Karena, pimpinan FPI tersebut, dinilai telat menghina dan melecehan budaya sunda. Dalam sebuah acara di Purwakarta beberapa waktu lalu, Habib Rizieq  telah memplesetkan salam orang Sunda  ‘sampurasun’ menjadi ‘campur racun’.

Aliansi Masyarakat Sunda menggugat sendiri, dimotori oleh Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Jawa Barat. Sejumlah organisasi masyarakat Sunda, ikut bergabung dalam aliansi ini. Di antaranya, Sundawani, Forum Ki Sunda, Badan Musyawarah Sunda (Banmus) dan lain-lain.

Semua Ormas Sunda, tersebut,  sepakat melarang Habib Rizieq masuk ke Jawa Barat dan menuntut Habib Rizieq Shihab meminta maaf secara terbuka.

Menurut Ketua AMS Jabar Noeriy Ispandji Firman, orang Sunda memang tidak suka berselisih. Tetapi, ketika diganggu dan diusik maka orang Sunda juga bisa melawan. Salam Sampurasun, bagi orang Sunda memiliki arti hormat dan merupakan sebuah doa.  “Kami sepakat melarang Habib masuk ke Jabar,” ujar Noeriy kepada wartawan,  di Kantor AMS Jalan Braga Bandung, Rabu (25/11).

Noeriy menjelaskan, kejadian bermula ketika Habib Rizieq diundang berceramah di Purwakarta pada Senin (15/11). Di dalam ceramahnya Habib Rizieq mengubah salam khas Sunda, Sampurasun menjadi Campur Racun. Sehingga, masyarakat Sunda tersinggung.

Aliansi Masyarakat Sunda menggugat, kata dia, melaporkan Habib ke Polda Jabar, Selasa (24/11) dengan tuduhan melanggar Undang-undang ITE. Karena, di dalam video ceramah Habib, menampilkan pelecehan terhadap budaya Sunda. Sampurasun sendiri, kata dia, bagi orang Sunda adalah salam hormat dan doa. Sekarang, diplesetkan oleh seorang tokoh. “Tidak pantas, apalagi itu disampaikan di tanah Sunda, di Purwakarta,” katanya.

Komentar Mustanir.com

Jika untuk penghinaan budaya saja kita berani melawan, mengapa tidak untuk penghinaan kepada agama semisal yang dilakukan oleh orang-orang Liberal yang ada di Indonesia? Seharusnya kita dapat memporsikan diri dengan baik sebagai seorang muslim dan juga sebagai seorang yang menjunjung tinggi budaya.

Tidak hanya orang-orang Liberal yang biasanya seenaknya menghina simbol-simbol Islam tetapi juga orang-orang yang mendukung kehidupan sekuler di negeri ini seharusnya kita laporkan sebagai bentuk penistaan terhadap agama. karena kehidupan sekuler akhirnya muncul kebebasan dalam berpendapat sekalipun pendapatnya menghina agama.

Categories