Lemahnya Ekonomi Indonesia Sangat Mengkhawatirkan

jakarta_slumhome_poverty-in-indonesia

Lemahnya Ekonomi Indonesia Sangat Mengkhawatirkan

Mustanir.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Agung Suryamal Soetisno menilai saat ini Indonesia sedang diuji dengan permasalahan ekonomi yang berdampak pada industri dan perdagangan. Beberapa permasalahan ekonomi yang Agung soroti ialah nilai tukar dolar yang tinggi serta penyerapan anggaran yang belum optimal.

Baca Juga: Janji Jokowi Tidak Tepat Ketika Akhirnya Ekonomi Indonesia Melemah

“Indonesia sedang diuji dengan pelemahan ekonomi. Terkoreksinya dolar, kemarin dolar mencapai Rp 13.526. Ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Agung dalam sambutannya pada silaturahmi dunia usaha Jawa Barat, Senin (10/8) malam.

Agung mengatakan pelemahan ekonomi yang terjadi di Indonesia ini memberi dampak negatif terhadap sektor usaha, terutama industri. Hal ini, lanjut Agung, tercermin dari cukup banyaknya perusahaan besar yang penjualannya terkoreksi atau menurun. Sebagai contoh, Agung menjabarkan perusahaan pangan raksasa, Indofood, terkoreksi penjualannya sebesar 25 persen.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Melemah Kinerja Pasar Modal Anjlok

Koreksi penjualan ini, terang Agung, juga terjadi di dalam industri otomotif. Secara nasional, industri otomotif kendaraan bermotor, sepeda motor, mengalami penurunan penjualan hampir 26 persen, sedangkan industri otomotif mobil mengalami penurunan penjualan sebesar 16 persen.

“Masalah ekonomi ini bukan hanya karena pelemahan ekonomi tetapi juga karena penyerapan APBN yang belum optimal,” tambah Agung. (rol/adj)

Baca Juga: Pemerintah Harus Membuat Kebijakan Ekonomi Yang Tepat Untuk Meningkatkan Ekonomi

Categories