Pangkalan Udara Rusia di Suriah Akan Diperbesar

Pangkalan Udara Rusia di Suriah Akan Diperbesar

Mustanir.com – Rusia akan memperbesar pangkalan udara Khmeimim yang terletak di Latakia, barat laut Suriah. Hal tersebut disampaikan wakil kepala komite pertahanan Rusia, Senator Frants Klintsevich sebagaimana laporan media Rusia, Izvestia, Kamis (11/08).

Klintsevich mengatakan perubahan ini untuk menempatkan tentara secara permanen dan menambah jumlah pesawat. Meskipun senjata nuklir dan senjata pembom berat tidak akan diturunkan di pangkalan.

Pembesaran pangkalan Khmeimim juga memungkinkan pesawat yang lebih besar untuk mendarat. Jumlah personil dan langkah-langkah keamanan militer pun akan diperkuat.

Sejak September lalu, Rusia telah meningkatkan aset militernya di wilayah pesisir Suriah, dengan menggunakan jalur udara Laut Kaspia-Iran-Iraq. Hal tersebut beriringan dengan serangan udara Rusia di Suriah yang juga meningkat.

Rusia saat ini mempertahankan Su-24s, Su-25s, dan Su-30s di pangkalan udara yang dikendalikan oleh Rezim Suriah Bashar Assad. Helikopter serang jenis Mi-24 dan drone masih terdapat di dalamnya.

Sebagaimana diketahui, peran Rusia di Suriah cukup mencolok dalam konflik Suriah. Dalam setiap serangan yang dilakukan Rezim, Suriah kerap membayangi dengan pasukan udara. Tak jarang, korban sipil pun menjadi sasaran serangan, termasuk fasilitas medis dan fasilitas umum lainnya. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Persekutuan antara Suriah dan Rusia menghasilkan kerjasama militer dan ekonomi. Saat ini kerjasama militer tersebut telah beranjak pada perluasan pangkalan udara milik Rusia di Suriah. Kita semua tahu, pesawat-pesawat Rusia tersebut digunakan untuk apa sebelum diperluas. Ya, untuk mengebom kaum muslimin dengan dalih mengebom ISIS.

Dunia internasional hanya mampu mengecam tindakan Rusia, tanpa dapat melakukan banyak hal. Sementara, nyawa kaum muslimin yang syahid semakin banyak. Pertanyaannya? Siapa seharusnya yang menjadi penolong bagi kaum Muslimin di Suriah? Ya, jelas sekali adalah kaum muslimin yang lain.

Bagaimana cara yang paling jitu menyelamatkan kaum muslimin di Suriah? Tentu dengan kesadaran kaum muslimin, bahwa keselamatan kaum muslimin di Suriah adalah tanggung jawab kaum muslimin yang lain, bukan dunia Internasional. Dan dari kesadaran tersebut akan lahir sebuah solusi persatuan dan kesatuan kaum muslimin global, yang memiliki visi luhur yakni, Jihad.

Categories