Partai Harus Perbaiki Proses Seleksi Kader

Partai Harus Perbaiki Proses Seleksi Kader

Partai Harus Perbaiki Proses Seleksi Kader

Mustanir.com – Proses seleksi kader terbaik internal partai harus diperbaiki. Upaya ini perlu dilakukan agar kader partai yang diusung dalam perebutan kursi di DPR maupun bupati dan gubernur adalah pilihan terbaik.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi mengatakan, sejauh ini partai politik banyak mengirim kadernya yang memiliki catatan negatif ke Senayan, bupati maupun gubernur. Berbeda di era Soeharto, kata dia, di mana orang-orang yang bermasalah terutama terlibat asusila, kriminal tidak dapat duduk di legislatif dan eksekutif.

“Sistem mau tidak mau parpol harus berani melakukan reformasi, terutama di internalnya untuk membenahi sistem itu sendiri. Masih ingat betul ketika di zaman Pak Soeharto, orang seperti itu tidak bisa langsung di rekrut,” ujar Pangi, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Menurutnya, perbaikan proses seleksi di internal partai politik untuk menghasilkan pejabat anggota legislatif, bupati, wali kota dan gubernur yang beretika, santun dan bersih dalam berpolitik.

“Intinya jangan sampai cacat moral, dengan seenaknya mengirim kader yang kurang baik.” ucapnya. (sindo/adj)

Komentar Mustanir.com

Kader partai politik yang ada saat ini memang banyak yang memiliki cacat moral serta cacat iman. Yang paling berpengaruh tentunya adalah cacat iman, yakni ketika berpolitik tak lagi menghadirkan Tuhan bersama mereka, sepenuhnya menahkodakan kebijakan politik dengan akal dan hawa nafsunya sebagai manusia belaka. Begitulah politik dalam sistem Demokrasi-Sekuler.

Kerusakan sistem politik demokrasi-sekuler tidak hanya dirasakan oleh kaum miskin negeri ini, tetapi juga merubah para politisinya menjadi politis yang rakus. Cacat moral serta cacat iman. Ini adalah kerusakan yang sistemik yang hanya bisa diselesaikan secara sistemik pula. Penyeleksian kader tidaklah cukup untuk memperbaiki partai dan sistem politik negeri ini.

Tentu satu-satunya sistem politik yang menjadikan manusia tetap manusia adalah Islam. Bahkan ketika Islam diterapkan, rahmatnya tidak hanya untuk kaum muslimin saja, tetapi seluruh makhluk Allah yang ada di muka bumi ini.

Categories