PBB Kibarkan Bendera Palestina Untuk Pertama Kali

bendera-palestina-berkibar-untuk-pertama-kalinya-di-markas-pbb

PBB Kibarkan Bendera Palestina Untuk Pertama Kali

Mustanir.com – Ini merupakan hari yang bersejarah bagi rakyat Palestina. Pada Rabu (30/9), bendera kebangsaan Palestina untuk pertama kalinya dikibarkan di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat (AS). Upacara pengibaran bendera ini disaksikan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Dalam sambutannya, Presiden Abbas menegaskan momentum ini. Menurut dia pengibaran bendera merupakan bukti telak bahwa kedaulatan negara Palestina merdeka diakui PBB. Bahkan, Presiden Abbas menyebutkan, pihaknya tak lagi terikat lagi oleh segala kesepakatan dengan Israel.

“Selama Israel tidak mau menghentikan ekspansi permukiman dan enggan melepaskan para tahanan Palestina, kami tak punya pilihan kecuali tak melepaskan diri dari kesepakatan-kesepakatan sebelumnya, apalagi sejauh ini hanya kami yang komit,” kata Mahmoud Abbas seperti dilansirBBC, Rabu (30/9).

Terpisah, otoritas Israel justru menuduh Palestina telah menaikkan eskalasi ketegangan di Timur Tengah.

“Kami ingin dan mengimbau otoritas Palestina bertanggung jawab, menerima keinginan Israel untuk melanjutkan negosiasi langsung tanpa syarat,” kata sumber.

Pada awal bulan ini, Dewan Keamanan PBB menyetujui pengibaran bendera Palestina dan Vatikan. Israel tentu saja melalui wakilnya di PBB menolak hal itu. Demikian pula dengan AS dan enam negara lainnya. Sementara 45 negara lainnya abstain.

Wakil Tetap Israel untuk PBB, Ron Prosor menegaskan, pengibaran bendera Palestina jelas-jelas upaya untuk membajak PBB. Dia mengklaim, satu-satunya jalan bagi Palestina agar bisa diakui sebagai negara merdeka, yakni melalui negosiasi-negosiasi dengan Israel. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Bagi sebagian kaum muslim, berkibarnya bendera palestina di kantor PBB adalah sebuah kemenangan bagi ‘kedaulatan’ palestina. Padahal jika kita berfikir secara mendalam, bahwa dengan adanya peristiwa ini maka pengukuhan Barat thdp ide nasionalisme di dunia Islam benar-benar berlanjut.

Kemenangan sejati bagi palestina adalah ketika kaum muslimin palestina berada di dalam kedaulatannya yang hakiki. Yakni ketika umat Islam palestina tidak berada dibawah ketiak kedaulatan semu yang diberikan oleh negara-negara Barat. Begitupun dengan kemenangan umat Islam di negeri-negeri lain, yakni jika umat Islam tidak berada dibawah ketiak kedaulatan semua yang diberikan negara-negara Barat.

Categories