Rokok Pembunuh Enam Juta Orang per Tahun

rokok

Rokok Pembunuh Enam Juta Orang per Tahun

Mustanir.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa kalangan industri rokok di pelbagai negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia telah memberikan kontribusi yang besar terhadap penerimaan negara dari pembayaran cukai rokok. Kontribusi rokok bahkan bisa mencapai triliunan rupiah.

Namun, para perokok harus waspada bahwa setiap tahunnya hampir enam juta orang di seluruh dunia meninggal akibat merokok. “Di seluruh dunia, penggunaan tembakau membunuh hampir enam juta orang per tahun, dengan lebih dari 600.000 kematian akibat paparan asapnya,” kata direktur (World Health Organization) WHO untuk regional Asia Tenggara, dr Poonam Khetrapal Singh, seperti dilansir dari Timesofindia, Jumat (11/9).

WHO telah menegaskan beberapa kali tetang jumlah kematian akibat merokok di Asia Tenggara dan daerah lainnya. Karena menurut Singh, kawasan ini merupakan salah satu produsen terbesar dan pengguna produk tembakau di dunia.

“Banyak jenis rokok dan tanpa asap produk tembakau yang digunakan di wilayah ini, akan menimbulkan kesulitan untuk menyelaraskan perpajakan dan peraturan untuk mengendalikan penggunaan tembakau,” jelasnya. (rol/adj)

Categories