Rusia Setuju Gencatan Senjata Setelah Viralnya Foto Bocah Aleppo

Rusia Setuju Gencatan Senjata Setelah Viralnya Foto Bocah Aleppo

Mustanir.com – Setelah foto memilukan bocah Aleppo menyebar viral, militer Rusia menyatakan kesiapannya mendukung gencatan senjata, Kamis (18/8). Militer Rusia mengatakan siap mendukung seruan PBB untuk menghentikan pertempuran setiap pekan di Aleppo.

Beberapa jam lalu, foto bocah lima tahun bermandikan debu dan darah menghentakkan media global. Bocah bernama Omran Daqneesh itu adalah korban selamat yang terkubur gedung setelah serangan udara pemerintah Suriah.

Beruntung tim penyelamat dan jurnalis tiba di lokasi sesaat setelah serangan udara. Sejam setelah berhasil dievakuasi, gedung tempat bocah itu terkubur runtuh sepenuhnya. Daqneesh itu diselamatkan beserta tiga saudara dan orang tuanya.

Foto dan video yang diambil saat kejadian itu kemudian memberi harapan pada PBB untuk mulai mendesak semua pihak. Selama ini PBB gagal membujuk pihak bertikai menghentikan pertempuran agar bantuan kemanusiaan bisa menjangkau sipil di Aleppo.

Sebelum foto itu menyebar, perwakilan PBB di Suriah, Staffan de Mistura menghentikan rapat terkait Suriah padahal baru dimulai selama delapan menit. Ia mengatakan tidak ada gunanya menggelar rapat jika tidak ada kepastian kapan bantuan kemanusiaan bisa jalan.

Setelah foto itu menyebar, Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan Rusia akan membantu konvoi bantuan menuju area sipil yang dikepung baik oleh pemerintah maupun pemberontak. “Rusia siap mendukung pengiriman mulai pekan depan,” katanya.

Di Washington, Juru bicara Kementerian Luar Negeri, John Kirby mengatakan AS menyambut baik segala upaya untuk menghentikan pengeboman. Kirby menekankan pentingnya AS bekerjasama dengan Rusia untuk mengurus hal-hal teknis.

“Yang jika berhasil diimplementasikan sepenuhnya bisa membuat kekerasan berhenti di seluruh negeri,” kata Kirby. Sejauh ini, Aleppo telah jadi medan panas pertempuran. Sekitar 233 warga sipil telah kehilangan nyawa hanya dalam dua pekan, dikutip dari AP(rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Dunia Internasional seolah diam, ketika setiap harinya nyawa kaum muslimin dan bocah seperti Omran terbunuh oleh pesawat-pesawat Rusia dan pasukan Assad LaknatuLlah. Mau sampai kapan dunia Islam menggantungkan nasib kaum muslimin pada orang-orang Kafir Barat di PBB?

Wahai kaum muslimin, sudah saatnya bangun dan sadar, bahwa kewajiban menolong sesama Muslim ada di pundak kita. Bersatulah, dan jangan bercerai-berai. Jadikan ikatan ukhuwah Islam sebagai pemersatu dan pilihlah Khalifah diantara kita, sehingga kita memiliki perisai dan kita berperang di belakangnya.

Categories