Rusia Umumkan Bubarnya Gencatan Senjata di Suriah

Rusia Umumkan Bubarnya Gencatan Senjata di Suriah

Mustanir.com – Rezim Suriah dan Rusia mengumumkan, Senin (19/09), runtuhnya gencatan senjata yang telah disepakati antara Amerika Serikat dan Rusia di Suriah. Gempuran di Aleppo pun kembali berlanjut.

Rusia mengatakan, buyarnya gencatan senjata ini karena pihak AS sampai detik ini tidak memberikan penjelasan detail tentang kelompok oposisi yang bisa diajak kerja sama atau yang mereka sebut moderat di Suriah. Rusia juga menuduh pejuang menggalang kekuatan di masa gencatan itu.

“Kekerasan meningkat di Aleppo dan sekitarnya bersamaan persiapan militan meluncurkan operasi militer besar-besaran,” kata pernyataan Dephan Rusia.

Sementara itu, Muhammad Alloush yang merupakan Anggota Badan Tinggi untuk Negosiasi Oposisi Suriah membantah keras tuduhan Rusia itu. Oposisi tidak berniat meluncurkan operasi di tengah masa gencatan.

Kembalinya ekskalasi militer di Suriah sebenarnya terjadi pada Sabtu lalu, ketika koalisi AS melakukan serangan salah sasaran di Dier Zour. Koalisi mengincar posisi ISIS namun yang menjadi sasaran lokasi militer Suriah. Akibatnya, puluhan tentara tewas.

Sehari kemudian, jet tempur Rusia dan Suriah meluncurkan serangan perdana di Aleppo. Rusia berdalih, serangan itu untuk menargetkan pasukan oposisi yang tengah menggalang kekuatan. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Rusia dari awal memang tidak punya niatan untuk melakukan gencatan senjata di Suriah. Apa yang penting bagi Rusia adalah kepercayaan Bashar Assad kepada Rusia untuk membantu tentaranya menghabisi pasukan oposisi guna menjadikan Rusia sebagai sekutu bagi Bashar Assad. Suriah sepertinya adalah pion penting bagi Rusia, dan mengapa Suriah ini penting bagi Rusia, tentu alasannya hanya Putin dan Tuhan yang mengetahui.

Nyawa-nyawa kaum muslimin yang melayang di Suriah adalah kewajiban kaum muslimin. Kaum muslimin bertanggungjawab menolong kaum muslimin lainnya di Suriah. Jika saja kaum muslimin di seluruh dunia mau mengesampingkan kepentingan nasionalismenya dan menjunjung tinggi akidah Islam, pastilah persoalan kaum muslimin di Suriah akan segera selesai.

Categories