Beberapa Tips Untuk Mendidik Anak Hapal Quran

mendidik-anak

Beberapa Tips Untuk Mendidik Anak Hapal Quran

Mustanir.com – Orang tua mana yang tak ingin melihat anak-anaknya tumbuh cerdas, pintar dan soleh. Setiap Ornag Tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Berbagai cara dilakukan agar anak menjadi soleh dan pintar. Namun, dizaman modern ini kiranya sulit, melihat dari pengaruh media yang buruk dan gaya hidup yang sudah tergores ke barat-baratan. Sehingga sangat dibutuhkan peran penting orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Hal yang paling penting adalah menunjukan keteladanan dalam memberikan contoh kongkret. Sehingga Orang Tua tidak hanya menyuruh anaknya untuk melakukan ini dan itu saja, tetapi lebih dari itu memberi contoh yang baik kepada anaknya.

Salah satu yang menjadi kebahagiaan bagi orang tua adalah memiliki anak yang menghafal Al Quran. Dikarenakan betapa banyak keutamaan para penghafal Al Quran itu. Lalu bagaimana Trik dan Tips agar anak mudah menghafal Al Quran. Sehingga diharapkan bisa menjadi seorang hafiz dan apa saja keutamaan yang diperoleh jika anak menjadi seorang hafiz. Berikut penjelasannya 🙂

Tiga tahap utama yang harus dilakukan seorang penghafal Al Quran

1. Persiapan atau Istidad
Kewajiban utama penghafal Al Quran adalah harus menghafal setiap harinya minimal satu halaman dengan tepat dan benar. Dengan memilih waktu yang tepat untuk menghafal, contohnya sebelum tidur malam lakukan persiapan terlebih dahulu untuk membaca dan menghafal satu halaman secara tepat. Jangan langsung dihafal secara mendalam. Setelah bangun tidur, hafalkan halaman tersebut dengan hafalan yang mendalam. Dengan tenang lagi konsentrasi. Ulangi terus hafalan tersebut sempai benar-benar hafal dilura kepala.

2. Pengesahan atau Tashih atau Setor
Setelah melakukan persiapan secara matang dengan selalu mengingat-ingat suatu halaman tertentu. Berikutnya Tashih kan atau setorkan hafalan kita kepada ustad atau ustadzah atau orang tua. Lalu berikan tanda kesalahan dengan mencatatnya dibawah atau diatas huruf yang lupa. Ulangi setoran sampai dianggap benar oleh Ustadz atau Ustadzah atau Orang Tua. Dalam Tahap ini bersabarlah untuk tidak menambah materi atau hafalan baru. Kecuali materi atau hafalan lama benar-benar sudah dikuasai dan disahkan.

3. Pengulangan Muroja’ah (Penjagaan)
Setelah setor jangan meninggalkan tempat untuk pulang sebelum hafalan yang telah disetor diulangi lagi beberapa kali terlebih dahulu sampai Ustadz atau Ustadzah atau Orang Tua benar-benar mengizinkan untuk selesai menghafal.

Setelah mengetahui ketiga tahap tersebut. Berikut kami uraikan beberapa tips sederhana yang dapat kita pergunakan untuk mendidik anak menghafal Al Quran.

1. Jangan Targetkan Banyak Hafalan
Jangan targetkan banyak hafalan yang penting tajwidnya benar. Lebih baik hafalan sedikit namun sesuai kaedah tajwid daripada hafalan yang banyak namun jauh dari kaedah tajwid. Terlebih lagi yang perlu dipahami adalah apa yang mereka baca atau hafal sangat melekat dibenak mereka. Nah, bila saja hafalan yang melekat itu salah. Maka akan sangat sulit diubah ketika besar.

2. Jangan disuruh Menghafal Sendiri
Sebagai anak selagi anak itu tahsin dan tajwidnya belum bagus jangan disuruh menghafal sendiri tapi harus di talqin atau diajarkan. Dengan sering mendengar bacaan yang benar anak akan mengcopy secara otomatis. Agar kualitas tilawah dan hafalannya semakin mantap, bimbinglah tahsinnya secara intensif.

3. Mulailah dengan ayat yang mudah dihafal
Mulailah hafalan anak dengan ayat yang mudah dihafal. bisa dimulai dari juzama.

4. Pergunakan waktu khusus untuk anak-anak menghafal
Pergunakan waktu-waktu khusus untuk anak menghafal dan juga muroja’ah (Mengulang). Agar mereka selalu konsisten untuk menghafal. Alangkah baiknya kita mencari waktu yang sesuai mood anak untuk menghafal Al Quran. Alangkah baiknya kita mendengarkan murrotal Al Quran sesering mungkin ketika bangun tidur, mau tidur dan waktu senggang lainnya. Ini sangat membantu mereka dalam menghafal dan meniru suara qori

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam membimbing anak dalam menghafal Al Quran. Sedang bagi para penghafal Al-Quran akan mendapatkan keutamaan sebagai berikut: Keutamaan Bagi para Penghafal Al-Quran

Categories