Lelet, OKI Baru akan Lakukan Pertemuan Darurat Bahas Situasi Aleppo

Lelet, OKI Baru akan Lakukan Pertemuan Darurat Bahas Situasi Aleppo

Mustanir.com – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah mengadakan pertemuan darurat pada Ahad, (02/10) untuk membahas situasi kemanusiaan yang memburuk di kota Aleppo, Suriah.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin, OKI mengatakan pertemuan – yang akan diselenggarakan di kota Jeddah Saudi atas permintaan Kuwait – guna melihat situasi dan perkembangan terakhir kota Aleppo yang telah porak poranda.

Sejak 19 September 2016, ketika rezim Bashar Assad mengumumkan berakhirnya masa gencatan senjata selama sepekan yang disponsori oleh Washington dan Moskow, pesawat-pesawat tempur Suriah dan Rusia membombardir wilayah Aleppo.

Sejumlah warga sipil dilaporkan terbunuh atau terluka dalam serangan yang tetap berkelanjutan hingga saaat ini.

Pekan lalu, kepala bantuan PBB, Stephen O’Brien, memperingatkan bahwa Aleppo menghadapi bencana kemanusiaan luar biasa yang belum pernah disaksikan sebelumnya sejauh konflik berjalan selama enam tahun di Suriah.

“Biar aku jelaskan: timur Aleppo saat ini bukanlah di tepi jurang,” kata O’Brien kepada Dewan Keamanan PBB, pada Kamis.

“Hal ini juga menjadi bencana mengerikan yang semakin terjerumus ke dalam jurang kekejaman dan tanpa ampun dari bencana kemanusiaan seperti yang telah kita saksikan di Suriah,” ujar dia.

“Suriah tengah terluka. Banyak warganya yang mati. Kita semua mendengar teriakan mereka minta tolong,” tambahnya,

Suriah telah terkunci dalam perang sipil sejak awal 2011 ketika rezim Assad menumpas protes warga yang meletus sebagai bagian dari pemberontakan Musim Semi Arab – dengan keganasan tak terduga.

Pusat Penelitian Kebijakan Suriah, sebuah LSM yang berbasis di Beirut, telah menghitung total jumlah korban tewas akibat konflik lima tahun sekira lebih dari 470.000 korban jiwa. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Lelet. Itulah satu kata yang terucap setelah mendengar OKI akan melakukan pertemuan untuk membahas nasib Aleppo. Padahal Aleppo sudah dari 5 tahun yang lalu di gempur hingga hari ini. Kaum muslimin Aleppo adalah bagian dari kaum muslimin seluruh dunia. OKI terlalu nyaman menyerahkan nasib Aleppo kepada PBB dan Barat, yang padahal merekalah penyebab Suriah masih berlangsungnya perang. Kaum musliminlah yang seharusnya memberikan pertolongan bagi kaum muslimin lainnya, karena kaum muslimin adalah saudara bagi kaum muslimin yang lain.

Categories