Ulama Dan Dai Asia Tenggara Lakukan Pertemuan Ilmiah Internasional

Ulama Dan Dai Asia Tenggara Lakukan Pertemuan Ilmiah Internasional

Mustanir.com – Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara baru saja menggelar Pertemuan Ilmiah Internasional. Acara tersebut menelurkan sejumlah rekomendasi, di antaranya pembentukan majelis ilmiah dan majelis fatwa yang akan mempersatukan negara-negara di Asia Tenggara.

Diikuti oleh 230 peserta, Pertemuan Ilmiah Internasional Ulama dan Dai Asia Tenggara dilaksanakan pada 8-11 Agustus 2015. Acara yang digelar di Lembang, Bandung tersebut diikuti peserta dari Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Timor Leste. Pertemuan ini juga dihadiri peserta dari Cina.

“Kegiatan ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting,” kata Ketua Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara, Muhammad Zaitun Rasmin, saat acara penutupan yang di gelar di Balai Kartini Jakarta, Selasa malam (11/08).

Pertemuan tersebut merekomendasikan untuk mengoptimalkan peran Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara sebagai pusat dan payung koordinasi para ulama, dai dan aktivis dakwah di kawasan tersebut.

Pertemuan Ilmiah ulama dan dai Asia Tenggara.

Selain itu perlu adanya perhatian dan dukungan terhadap dai di negara-negara yang umat Islamnya minoritas. Wujudnya adalah berupa dukungan moral dan material dalam agenda-agenda yang terprogram, yang dapat meningkatkan kwalitas dakwah..

Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara juga sepakat untuk mengadakan pelatihan khusus materi fikih Madzhab Syafii. “Mengingat madzhab ini dianut oleh mayoritas umat Islam Asia Tenggara,” ujar Zaitun.

Rekomendasi lain dari pertemuan itu adalah pembentukan majelis ilmiah dan majelis fatwa di Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk mempererat persatuan diantara negara-negara se-Asia Tenggara, salah satunya dalam hal penyatuan penetapan awal bulan Ramadhan dan dua hari raya. Pertemuan itu juga merekomendasikan penanggulangan bersama aliran-aliran sesat dan menyimpang.

Acara Pertemuan Ilmiah Internasional tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ikatan Ulama dan Dai Asia Tenggara, yang didirikan 29 November 2014. Acara ini diselenggarakan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Islam Internasional (Al-Ha’iah Al-Islamiyah Al-Alamiyah li At-Ta’lim). (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Semoga menjadi barisan terdepan dalam perjuangan dan dakwan menegakkan Syariat Islam secara Kaffah di lingkup asia tenggara dan dunia. Menjadi penolong Islam dan kaum muslimin di belahan dunia yang sedang mengalami kedzaliman.

Categories